Berapa Lama Susu Formula SGM Bertahan Setelah Dibuat?

Mengetahui Batas Waktu Susu Formula, Agar Si Kecil Selalu Mendapatkan Nutrisi Terbaik!

Ombi Lomri
By Ombi Lomri - SEO Enthusiast

Moms, kita semua tahu betapa pentingnya peranan susu formula bayi, terutama ketika ASI tidak dapat diberikan secara eksklusif. Namun, seiring dengan kepraktisan susu formula, pertanyaan muncul, berapa lama sebenarnya susu formula SGM bisa bertahan setelah disiapkan?

Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pahami lebih dalam tentang peranan susu formula SGM dalam nutrisi bayi. Menurut studi Nutrients, susu formula bayi dirancang untuk menjadi pengganti makanan yang efektif bagi si kecil. Meskipun tidak mungkin meniru ASI secara identik, setiap upaya telah dilakukan untuk mencocokkan profil nutrisi ASI guna mendukung perkembangan bayi secara optimal.

- Advertisement -

Berapa Lama Susu Formula SGM Dapat Bertahan

Menurut American Academy of Pediatrics, secara umum, susu formula, termasuk SGM, dapat bertahan selama 2 jam pada suhu ruangan. Namun, Moms perlu memahami bahwa ini adalah perkiraan umum dan beberapa faktor dapat memengaruhi lamanya daya tahan formula.

Bolehkah Susu Formula Diminum Lebih Dari 2 Jam?

Menurut American Academy of Pediatrics, sangat disarankan agar susu formula tidak diminum setelah melewati batas waktu 2 jam. Hal ini untuk mencegah risiko kesehatan yang dapat timbul akibat perubahan mikrobiologis dan penurunan kualitas nutrisi. Moms, perlu diingat bahwa bayi memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi susu formula.

Cara Menyimpan Susu Formula SGM Dengan Benar

Berikut adalah langkah-langkah dalam menyimpan susu formula SGM dengan tepat:

1. Pilih Wadah Bersih

Pastikan menggunakan wadah atau botol yang bersih dan steril untuk menyimpan susu formula. Bersihkan wadah dengan air panas dan deterjen, kemudian bilas dengan air bersih sebelum digunakan.

2. Gunakan Air Bersih untuk Persiapan

Pastikan air yang digunakan untuk menyiapkan susu formula adalah air bersih yang aman dikonsumsi. Rebus air selama minimal 1 menit jika ingin digunakan untuk bayi di bawah usia 6 bulan.

3. Suhu dan Waktu Penyimpanan

Setelah persiapan, simpan sisa susu formula di dalam kulkas pada suhu antara 0-4 derajat Celsius. Jangan biarkan susu formula terlalu lama di luar kulkas karena bisa mempengaruhi kebersihannya.

4. Tandai Waktu Penyimpanan

Pastikan untuk mencatat waktu persiapan susu formula. Gunakan dalam waktu 24 jam setelah persiapan untuk memastikan keamanan dan kualitas nutrisinya.

5. Jangan Campur dengan Susu Lama

Susu formula yang baru disiapkan sebaiknya tidak dicampur dengan sisa susu yang sudah diberikan sebelumnya. Ini untuk menghindari risiko kontaminasi dan memastikan kebersihan susu yang dikonsumsi bayi.

- Advertisement -

6. Perhatikan Kondisi Kulkas

Pastikan suhu dalam kulkas selalu terjaga stabil dan tidak terlalu dingin. Jangan meletakkan susu formula di dekat bagian pintu kulkas yang sering terbuka karena suhu di bagian tersebut bisa berubah-ubah.

7. Cek Kualitas Susu Formula

Sebelum memberikan susu formula kepada bayi, pastikan untuk memeriksa baunya. Jika tercium bau yang tidak lazim atau terlihat berubah warna, lebih baik tidak digunakan.

8. Habiskan dalam Waktu yang Direkomendasikan

Disarankan untuk segera habiskan susu formula dalam waktu 1 jam setelah pemberian dimulai. Jika tidak, simpan di dalam kulkas dan gunakan dalam waktu 24 jam.

Dalam memastikan ketahanan susu formula SGM setelah dibuat, Moms memiliki peran kunci. Dengan mengetahui berapa lama susu formula dapat bertahan, cara penyimpanan yang benar, dan menghindari kesalahan umum, Moms dapat memberikan yang terbaik untuk perkembangan si kecil. Ingatlah, Moms adalah pahlawan kecil di dunia si buah hati!

TAGGED:
Share This Article
By Ombi Lomri SEO Enthusiast
Follow:
Helo, nama saya Ombi, saya adalah seorang blogger dan SEO. saya sangat suka membaca topik seputar teknologi dan parenting. SEO at MAKUKU | Ex Katadata & Thejakartapost, buku parenting yang sudah dibaca: The Whole-Brain Child, Your One-Year-Old dan The Explosive Child.
Leave a comment