10 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil & Janin

Buah naga kaya vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk ibu hamil dan janin. Dapatkan 10 manfaat super untuk kehamilan di sini!

Ombi Lomri
By Ombi Lomri - SEO Enthusiast
Foto: iStock

Mencari camilan lezat dan kaya nutrisi selama kehamilan? Buah naga, si cantik berkulit merah atau putih, bisa jadi pilihan tepat! Di balik teksturnya yang berair dengan biji-bijian kecil berwarna hitam, terkandung segudang manfaat untuk Moms dan si Kecil. Yuk, simak 10 manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga, si cantik berkulit merah atau putih, tak hanya memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa kandungan nutrisi utama dalam buah naga.

- Advertisement -
  • Vitamin: C, B1, B2, B3 (berperan untuk daya tahan tubuh, metabolisme energi, kesehatan kulit, dan lainnya)
  • Mineral: Zat besi, fosfor, kalsium (penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan sel darah merah)
  • Serat: Melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit
  • Antioksidan: Melindungi tubuh dari kerusakan sel
  • Lemak tak jenuh ganda: Menjaga kesehatan jantung
  • Protein: Membangun dan memelihara jaringan tubuh

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Buah Naga
Foto: iStock

Buah naga, dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya, menawarkan berbagai manfaat bagi ibu hamil dan janin. Berikut 10 manfaatnya:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kehamilan membuat Moms lebih rentan terhadap infeksi. Kabar baiknya, buah naga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Moms. Ini artinya, Moms akan lebih mudah melawan infeksi dan penyakit ringan yang kerap mengganggu selama kehamilan.

2. Mencegah Anemia

Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Gejala anemia bisa berupa kelelahan, pusing, dan sesak napas. Buah naga datang sebagai pahlawan! Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan kadar hemoglobin yang terjaga, Moms akan terhindar dari anemia dan bisa beraktivitas dengan lebih berenergi sepanjang kehamilan.

3. Melancarkan Pencernaan

Gangguan pencernaan, terutama sembelit, kerap menjadi momok bagi ibu hamil. Kabar gembira! Buah naga mengandung serat yang cukup tinggi. Asupan serat yang memadai membantu melancarkan pencernaan, membuat feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan, sehingga Moms terhindar dari sembelit yang mengganggu kenyamanan.

4. Mendukung Perkembangan Otak Janin

Perkembangan otak janin yang optimal tentu menjadi dambaan setiap Moms. Buah naga mengandung asam folat yang berperan penting dalam hal ini. Asam folat membantu pembentukan tabung saraf pada janin, yang merupakan cikal bakal otak dan saraf tulang belakang. Selain itu, asam folat juga dapat membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi Moms nantinya.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung menjadi hal yang perlu diprioritaskan selama kehamilan. Kandungan lemak tak jenuh ganda dalam buah naga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah Moms. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah naga juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Fluktuasi kadar gula darah pada ibu hamil bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Buah naga memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, konsumsi buah naga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Ini tentunya membantu Moms menjaga kadar gula darah tetap stabil dan terhindar dari risiko diabetes gestasional selama kehamilan.

- Advertisement -

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang dan gigi selama kehamilan tak hanya penting untuk Moms, tapi juga untuk perkembangan janin. Kalsium dan fosfor yang terkandung dalam buah naga berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi Moms. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi janin yang kuat dan sehat.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Gangguan tidur seperti insomnia kerap dialami ibu hamil. Buah naga mengandung magnesium yang cukup tinggi. Magnesium berperan dalam relaksasi otot dan sistem saraf. Dengan asupan magnesium yang cukup, Moms akan merasa lebih tenang dan mudah tidur. Kualitas tidur yang baik tentunya akan membuat Moms merasa lebih segar dan berenergi keesokan harinya.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga, terutama yang berwarna merah, mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata Moms dan janin. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk perkembangan penglihatan janin.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Perubahan hormon selama kehamilan terkadang bisa membuat kulit Moms kusam dan kering. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah naga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membantu produksi kolagen, sehingga kulit Moms tetap elastis dan kenyal. Selain itu, antioksidan dalam buah naga membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Manfaat Buah Naga Berdasarkan Warna

Buah naga umumnya memiliki dua warna daging buah, yaitu merah dan putih. Meskipun memiliki warna yang berbeda, kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi ibu hamil tidak jauh berbeda. Berikut sedikit perbedaannya:

  • Buah naga merah: Mengandung lebih banyak antioksidan dan karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Selain itu, buah naga merah juga memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan buah naga putih.
  • Buah naga putih: Mengandung lebih banyak vitamin C dan serat. Buah naga putih memiliki rasa yang lebih hambar dibandingkan dengan buah naga merah.

Buah naga merupakan salah satu pilihan camilan yang lezat dan kaya nutrisi untuk ibu hamil. Konsumsi buah naga secara moderat selama kehamilan dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Moms dan si Kecil.

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik tentang konsumsi buah naga selama kehamilan, terutama jika Moms memiliki alergi atau kondisi kesehatan tertentu.

Share This Article
By Ombi Lomri SEO Enthusiast
Follow:
Helo, nama saya Ombi, saya adalah seorang blogger dan SEO. saya sangat suka membaca topik seputar teknologi dan parenting. SEO at MAKUKU | Ex Katadata & Thejakartapost, buku parenting yang sudah dibaca: The Whole-Brain Child, Your One-Year-Old dan The Explosive Child.