7 Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak Laki-Laki Dan Perempuan

Temukan keajaiban dan pesan moral dalam tradisi membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak-anak. Ceriakan malam mereka dengan petualangan menarik!

Ombi Lomri
By Ombi Lomri - SEO Enthusiast

Dongeng sebelum tidur adalah salah satu tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Tidak hanya sebagai hiburan sebelum tidur, dongeng juga memiliki manfaat besar dalam perkembangan anak-anak.

Di bawah ini, Bayipedia akan membagikan tujuh dongeng menarik yang cocok untuk dibacakan sebelum tidur kepada anak laki-laki dan perempuan.

- Advertisement -

Dongeng Sebelum Tidur Untuk Anak

1. Petualangan Si Kancil yang Cerdik

Pada zaman dahulu, Di dalam hutan yang rimbun dan penuh dengan kehidupan, tinggallah seekor kancil yang cerdik bernama Kiki. Kiki adalah kancil yang kecil tetapi penuh dengan keberanian dan kecerdikan. Setiap hari, Kiki keluar dari sarangnya dengan semangat penuh untuk menjelajahi keindahan alam di sekitarnya.

Suatu hari, ketika Kiki sedang berjalan-jalan di hutan, dia bertemu dengan seekor harimau besar yang lapar. Harimau itu mendekati Kiki dengan mulut yang terbuka lebar, siap untuk menangkapnya. Namun, Kiki tidak panik. Dia dengan cepat berpura-pura menjadi lemah dan tak berdaya di depan harimau itu.

“Sungguh, aku tidak layak untuk dimakan, Pak Harimau,” kata Kiki dengan suara lemah. “Aku hanya seorang kancil kecil yang tidak akan membuat perbedaan dalam perutmu yang besar.”

Harimau itu tertawa puas mendengar kata-kata Kiki. Dia merasa tidak ada gunanya memakan kancil kecil seperti itu. Jadi, dia meninggalkan Kiki dan pergi mencari mangsa yang lebih besar.

Kiki tersenyum puas karena berhasil mengelabui harimau. Dia melanjutkan perjalanannya dengan hati yang penuh dengan kegembiraan. Namun, petualangan Kiki belum berakhir.

Beberapa waktu kemudian, Kiki bertemu dengan seekor buaya yang sedang terbaring di bawah sinar matahari. Buaya itu melihat Kiki dan berpikir bahwa dia adalah mangsa yang sempurna untuknya. Dia membuka mulutnya lebar-lebar dan siap untuk menangkap Kiki.

Tetapi Kiki tidak takut. Dia tahu bahwa dia harus menggunakan kecerdikannya sekali lagi untuk keluar dari situasi ini. Dengan cepat, Kiki berpura-pura menjadi teman yang baik dengan buaya itu.

- Advertisement -

“Apa kabar, Pak Buaya?” tanya Kiki dengan ramah. “Hari ini adalah hari yang indah, bukan? Mengapa tidak kita berbicara dan menikmati sinar matahari bersama?”

Buaya itu terkejut mendengar Kiki berbicara dengannya dengan ramah. Dia tidak bisa percaya bahwa seorang kancil bisa begitu berani di depannya. Akhirnya, buaya itu setuju untuk tidak memakan Kiki dan bahkan mengajaknya berjemur di tepi sungai.

Setelah petualangan yang menegangkan itu, Kiki melanjutkan perjalanannya dengan hati yang penuh dengan kebahagiaan. Dia belajar bahwa dengan kecerdikan dan keberanian, dia bisa mengatasi bahaya apa pun yang dihadapinya di hutan.

Akhirnya, Kiki kembali ke sarangnya dengan selamat dan ceria. Dia tahu bahwa petualangannya baru saja dimulai, dan dia siap untuk menghadapi apa pun yang akan terjadi di masa depan. Kiki adalah kancil yang cerdik, dan tidak ada yang bisa menghentikannya dari menjelajahi keindahan alam yang luar biasa di sekitarnya.

2. Putri Cantik di Istana Bunga

Pada zaman dahulu, Di sebuah kerajaan yang jauh di sana, tersembunyi di antara lembah hijau dan pegunungan yang megah, ada sebuah istana indah yang dipenuhi dengan bunga-bunga yang cantik dan harum. Di dalam istana itu tinggal seorang putri yang sangat cantik bernama Putri Melati.

Putri Melati adalah putri tunggal dari Raja dan Ratu Kerajaan Bunga. Dia memiliki rambut panjang yang berkilauan seperti emas dan mata yang berwarna biru laut. Setiap hari, Putri Melati berjalan-jalan di taman istana, menikmati kecantikan alam yang menakjubkan.

Namun, kehidupan Putri Melati tidak selalu indah seperti taman istana itu. Suatu hari, seorang penyihir jahat bernama Malvina datang ke istana dan melemparkan kutukan yang mengerikan kepada Putri Melati. Malvina iri dengan kecantikan dan kebahagiaan Putri Melati, jadi dia ingin membuatnya menderita.

“Putri Melati, karena kecantikanmu yang luar biasa, aku akan mengutukmu,” kata Malvina dengan suara yang dingin. “Mulai sekarang, kau akan terperangkap di dalam istana ini untuk selamanya, dan tidak ada yang bisa membebaskanmu kecuali cinta sejati.”

Putri Melati sangat ketakutan mendengar kutukan Malvina. Dia tidak ingin terperangkap di dalam istana untuk selamanya. Tetapi, dia tahu bahwa satu-satunya cara untuk menghindari kutukan itu adalah dengan menemukan cinta sejati.

Dengan hati yang penuh dengan tekad, Putri Melati memutuskan untuk mencari cinta sejati di luar istana. Dia melarikan diri dari istana pada malam hari dan memulai petualangan yang berani ke dunia luar.

Selama petualangannya, Putri Melati bertemu dengan berbagai macam orang dan makhluk ajaib. Dia membantu mereka dalam kesulitan mereka dan belajar banyak pelajaran berharga di sepanjang jalan. Tetapi, di dalam hatinya, dia tahu bahwa hanya cinta sejati yang bisa membebaskannya dari kutukan Malvina.

Akhirnya, setelah berbulan-bulan mencari, Putri Melati bertemu dengan seorang pangeran tampan yang mengubah hidupnya. Mereka saling jatuh cinta pada pandangan pertama, dan Putri Melati tahu bahwa pangeran itu adalah cinta sejatinya.

Dengan cinta yang tulus di antara mereka, Putri Melati dan pangeran itu kembali ke istana untuk menghadapi Malvina. Dengan kekuatan cinta mereka, mereka berhasil mengalahkan penyihir jahat itu dan menghapus kutukannya.

Setelah itu, Putri Melati dan pangeran itu menikah dan hidup bahagia selamanya di dalam istana bunga yang indah. Mereka belajar bahwa cinta sejati adalah kekuatan yang paling kuat di dunia, dan tidak ada yang bisa mengalahkannya.

Dan begitulah kisah Putri Melati, putri cantik di istana bunga, yang menemukan cinta sejati dan hidup bahagia selamanya.

3. Si Burung Hantu Penjaga Hutan

Pada zaman dahulu, Di dalam hutan yang lebat dan penuh dengan kehidupan, tinggallah seekor burung hantu yang bijaksana dan perkasa bernama Hootie. Hootie adalah penjaga hutan yang setia, yang selalu berada di sana untuk melindungi hutan dan semua makhluk yang tinggal di dalamnya.

Setiap malam, Hootie terbang di sekitar hutan, memastikan bahwa semua makhluk di dalamnya aman dan terlindungi. Dia sangat pandai dalam menemukan bahaya dan mengusir para pemburu yang jahat. Hootie adalah pahlawan bagi semua makhluk di hutan.

Suatu hari, ketika Hootie sedang terbang di sekitar hutan, dia mendengar suara tangisan yang datang dari arah yang jauh. Tanpa ragu-ragu, Hootie segera menuju ke arah suara itu untuk melihat apa yang terjadi.

Saat dia tiba di tempat suara itu berasal, dia melihat seekor anak burung yang terjebak di dalam jaring yang dipasang oleh pemburu. Anak burung itu menangis dan bergetar ketakutan, tidak tahu bagaimana cara keluar dari jaring itu.

Hootie segera beraksi. Dengan kecerdikan dan kecepatannya, dia berhasil memotong jaring itu dengan cakarnya yang tajam dan membebaskan anak burung itu dari bahaya. Anak burung itu sangat bersyukur kepada Hootie atas penyelamatannya.

“Tidak perlu berterima kasih, nak,” kata Hootie dengan lembut. “Sebagai penjaga hutan, tugas saya adalah melindungi semua makhluk di dalamnya. Sekarang pergilah dan sampaikan kepada teman-temanmu untuk berhati-hati dengan pemburu.”

Anak burung itu tersenyum dan mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada Hootie sebelum terbang kembali ke sarangnya. Hootie melanjutkan patroli malamnya dengan hati yang penuh dengan kepuasan karena telah membantu seorang makhluk yang membutuhkan bantuannya.

Dari hari itu, reputasi Hootie sebagai penjaga hutan yang pemberani dan bijaksana semakin tersebar luas di seluruh hutan. Semua makhluk di hutan tahu bahwa mereka selalu aman selama Hootie berada di sana untuk melindungi mereka.

Dan begitulah kisah Si Burung Hantu Penjaga Hutan, pahlawan yang berani dan setia, yang selalu berada di sana untuk melindungi hutan dan semua makhluk di dalamnya.

4. Pangeran Kecil dan Naga Besar

Di sebuah kerajaan yang jauh di sana, hiduplah seorang pangeran muda yang berani dan berhati mulia. Meskipun dia adalah seorang pangeran, dia tidak sombong atau angkuh. Sebaliknya, dia selalu siap membantu orang lain dan berjuang untuk kebaikan.

Suatu hari, sebuah desa di pinggiran kerajaan diserang oleh naga besar yang mengerikan. Naga itu menghancurkan rumah-rumah dan mencuri makanan dari penduduk desa. Orang-orang desa sangat takut dan tidak tahu harus berbuat apa.

Ketika pangeran kecil mendengar tentang serangan naga, dia segera menyatakan keinginannya untuk membantu. Meskipun dia tahu bahwa dia hanya seorang pangeran kecil dan naga itu sangat besar dan kuat, dia tidak gentar.

Pangeran kecil mempersiapkan diri dengan baik untuk perjalanan ke gua tempat tinggal naga. Dia membawa senjata dan perlengkapan yang diperlukan, serta hati yang penuh dengan keberanian dan tekad.

Ketika dia tiba di gua naga, dia melihat betapa mengerikannya naga itu. Namun, dia tidak mundur. Dia mendekati naga dengan hati yang tenang dan bersedia berbicara.

“Pangeran kecil, apa yang kau lakukan di sini?” tanya naga dengan suara yang menggelegar.

“Pakuasakan aku, wahai naga besar,” jawab pangeran kecil dengan tenang. “Saya datang untuk menawarkan perdamaian antara kita. Desa kami telah menderita karena seranganmu, tetapi saya yakin kita bisa menemukan solusi yang damai.”

Naga terkejut mendengar kata-kata pangeran kecil. Dia tidak mengharapkan seorang pangeran muda akan datang menawarkan perdamaian padanya. Dia pun mulai merenung.

“Apakah kau bersedia meninggalkan desa kami dalam damai?” tanya pangeran kecil dengan lembut.

Setelah berpikir sejenak, naga itu akhirnya setuju untuk meninggalkan desa dalam damai. Dia mengakui bahwa dia tidak ingin menyakiti orang lain dan bahwa dia akan mencari tempat tinggal baru yang jauh dari manusia.

Pangeran kecil dan naga besar berjabat tangan sebagai tanda kesepakatan mereka. Kemudian, naga itu terbang menjauh dari desa, meninggalkan desa itu dalam damai.

Orang-orang desa sangat bersyukur kepada pangeran kecil karena telah membantu mereka menyelesaikan masalah dengan naga. Mereka menganggapnya sebagai pahlawan sejati yang berani dan mulia.

Dan begitulah kisah Pangeran Kecil dan Naga Besar, dua makhluk yang awalnya berada dalam konflik tetapi akhirnya menemukan perdamaian dan kesepakatan. Kisah ini mengajarkan kita tentang pentingnya berdamai dan mencari solusi yang damai dalam mengatasi konflik.

5. Kisah Si Katak yang Berani

Di sebuah kolam yang teduh di tengah hutan, tinggalah si Katak yang berani bernama Kiko. Kiko adalah seekor katak yang kecil tetapi penuh dengan keberanian dan tekad. Dia tidak pernah takut menghadapi bahaya dan selalu siap membantu teman-temannya dalam kesulitan.

Suatu hari, ketika Kiko sedang berenang di kolam, dia mendengar teriakan minta tolong dari seorang kelinci. Tanpa ragu-ragu, Kiko melompat keluar dari kolam dan menuju ke arah suara itu.

Ketika dia tiba di tempat suara itu berasal, dia melihat kelinci yang terjebak di dalam perangkap yang dipasang oleh pemburu. Kelinci itu berteriak kesakitan, mencoba keras untuk melepaskan diri dari perangkap itu, tetapi sia-sia.

Kiko segera beraksi. Dengan keberanian dan kecerdikannya, dia berhasil membebaskan kelinci dari perangkap yang mengerikan itu. Kelinci itu sangat bersyukur kepada Kiko atas penyelamatannya.

“Terima kasih, Kiko!” kata kelinci dengan suara yang penuh dengan rasa terima kasih. “Aku tidak tahu apa yang akan kulakukan tanpamu!”

“Tidak perlu berterima kasih, teman,” jawab Kiko dengan lembut. “Sebagai sesama makhluk hutan, tugas saya adalah membantu jika ada yang membutuhkan bantuan. Sekarang pergilah dan berhati-hatilah di hutan ini.”

Kelinci itu tersenyum dan mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada Kiko sebelum melompat pergi ke hutan. Kiko melanjutkan kehidupannya di kolam dengan hati yang penuh dengan kepuasan karena telah membantu seorang teman yang membutuhkan.

Dari hari itu, Kiko dihormati oleh semua makhluk di hutan sebagai katak yang berani dan baik hati. Mereka tahu bahwa mereka selalu aman selama Kiko berada di sana untuk melindungi dan membantu mereka.

Dan begitulah kisah Si Katak yang Berani, yang dengan keberanian dan kebaikan hatinya, selalu siap membantu teman-temannya dalam kesulitan. Kisah ini mengajarkan kita tentang pentingnya menjadi baik dan peduli terhadap orang lain, serta pentingnya saling membantu di dalam komunitas.

6. Petualangan Kelinci Pemberani di Dunia Ajaib

Di sebuah hutan yang berwarna-warni dan penuh dengan keajaiban, hiduplah seorang kelinci yang pemberani dan bersemangat bernama Cici. Cici adalah kelinci yang tidak pernah puas dengan kehidupan yang monoton, dia selalu mencari petualangan baru yang menantang.

Suatu hari, saat sedang menjelajahi hutan, Cici menemukan sebuah gua misterius yang tersembunyi di balik semak-semak lebat. Tanpa ragu, dia memutuskan untuk memasuki gua itu dan melihat apa yang ada di dalamnya.

Ketika dia melangkah masuk ke dalam gua, dia tersapu oleh suatu arus ajaib yang membawanya ke dalam dunia yang benar-benar berbeda. Dunia itu dipenuhi dengan keindahan yang luar biasa dan keajaiban yang tak terduga.

Cici terpesona oleh pemandangan di sekitarnya. Dia melihat bunga-bunga yang mekar dengan warna-warni yang cerah, dan pohon-pohon yang tinggi menjulang ke langit. Di kejauhan, dia melihat istana indah yang bersinar-sinar di bawah sinar matahari.

Tanpa ragu, Cici memutuskan untuk menjelajahi dunia ajaib ini lebih lanjut. Dia melintasi padang rumput yang hijau dan bersemangat menyusuri sungai-sungai yang jernih. Setiap langkahnya dipenuhi dengan kegembiraan dan kegembiraan.

Namun, di tengah petualangannya, Cici mendapati dirinya dihadapkan pada sebuah rintangan yang besar. Dia harus melewati hutan yang gelap dan misterius, tempat yang dipenuhi dengan bahaya dan tantangan.

Cici tidak gentar. Dengan hati yang penuh dengan keberanian, dia melangkah masuk ke dalam hutan yang gelap itu dan siap menghadapi apa pun yang menantangnya. Dia melompat dari batu ke batu dengan lincah, menghindari jebakan dan perangkap yang tersembunyi di antara pepohonan.

Setelah melewati hutan yang gelap itu, Cici akhirnya tiba di tempat yang aman dan terang. Dia melihat sebuah istana megah yang menjulang tinggi di depannya, dan dia tahu bahwa petualangannya telah mencapai puncaknya.

Dengan hati yang penuh dengan kegembiraan, Cici memasuki istana itu dan disambut oleh para penghuni dunia ajaib. Mereka mengucapkan selamat datang padanya dengan hangat, dan Cici merasa seperti di rumah sendiri di dunia ajaib ini.

Setelah menghabiskan waktu yang menyenangkan di dunia ajaib itu, Cici akhirnya memutuskan untuk kembali ke rumahnya di hutan. Meskipun dia merindukan keindahan dan keajaiban dunia ajaib, dia tahu bahwa tempatnya ada di hutan bersama teman-temannya.

Dengan hati yang penuh dengan kenangan yang indah, Cici meninggalkan dunia ajaib itu dan kembali ke hutan. Dia tahu bahwa meskipun petualangannya telah berakhir, dia akan selalu memiliki kenangan yang tak terlupakan dan pengalaman yang berharga.

Dan begitulah kisah Petualangan Kelinci Pemberani di Dunia Ajaib, sebuah kisah tentang keberanian, kegembiraan, dan keajaiban yang ada di sekitar kita jika kita hanya berani menjelajahinya.

7. Ratu Salju dan Tanaman Ajaib

Di dunia yang dipenuhi oleh keindahan salju yang abadi, tinggallah seorang Ratu yang bijaksana dan baik hati bernama Salju. Ratu Salju adalah penguasa yang adil dan penyayang, yang selalu berusaha untuk menjaga kedamaian dan kebahagiaan di kerajaannya yang indah.

Suatu hari, ketika sedang berjalan-jalan di taman istananya, Ratu Salju menemukan sebuah tanaman ajaib yang belum pernah dia lihat sebelumnya. Tanaman itu bersinar-sinar dengan cahaya yang magis, dan kelopaknya berwarna-warni seperti pelangi.

Ratu Salju sangat tertarik dengan tanaman itu, dan dia memutuskan untuk membawanya ke istana untuk diteliti lebih lanjut. Dia tahu bahwa tanaman itu memiliki kekuatan yang luar biasa, dan dia ingin mencari tahu lebih banyak tentang asal-usulnya.

Ketika dia tiba di istana, Ratu Salju memanggil para ahli taman dan penyihir istana untuk membantunya memahami tanaman ajaib itu. Mereka semua terpesona oleh keindahan dan kekuatan tanaman itu, dan mereka bekerja sama untuk mengungkap rahasia di baliknya.

Setelah melakukan penelitian yang mendalam, para ahli taman dan penyihir istana menemukan bahwa tanaman itu adalah Tanaman Ajaib yang memiliki kekuatan untuk mengubah musim dan membawa kehidupan baru ke kerajaan.

Ratu Salju sangat senang mendengar berita itu, dan dia memutuskan untuk menggunakan kekuatan tanaman ajaib itu untuk kebaikan semua makhluk di kerajaannya. Dia meminta para ahli taman untuk menanam tanaman itu di seluruh kerajaan, sehingga semua orang bisa menikmati manfaatnya.

Ketika tanaman ajaib itu ditanam di seluruh kerajaan, keajaiban mulai terjadi. Salju yang abadi berubah menjadi musim semi yang hangat dan penuh dengan bunga-bunga yang mekar. Hewan-hewan hutan keluar dari persembunyian mereka dan mulai bermain dan bersenang-senang di bawah sinar matahari.

Orang-orang di kerajaan sangat bersyukur kepada Ratu Salju karena telah membawa kehidupan baru ke kerajaan mereka. Mereka menghormatinya sebagai pemimpin yang bijaksana dan penyayang, dan mereka berjanji untuk selalu merawat dan melindungi tanaman ajaib itu.

Dengan keberanian dan kebijaksanaannya, Ratu Salju telah membawa kebahagiaan dan kehidupan baru ke kerajaannya yang indah. Dia adalah contoh yang sempurna dari seorang pemimpin yang peduli dan berdedikasi, dan dia akan selalu diingat sebagai Ratu Salju yang hebat.

Dan begitulah kisah Ratu Salju dan Tanaman Ajaib, sebuah kisah tentang keajaiban alam dan kekuatan cinta dan kebaikan. Cerita ini mengajarkan kita bahwa dengan keberanian dan kebijaksanaan, kita bisa menciptakan keajaiban di dunia kita sendiri.

Tradisi membacakan dongeng sebelum tidur bukan hanya sekedar hiburan semata, namun juga memiliki manfaat besar dalam perkembangan anak-anak. Melalui dongeng, anak-anak dapat belajar tentang nilai-nilai moral, meningkatkan imajinasi dan kreativitas, serta memperkuat hubungan emosional dengan orang tua.

Share This Article
By Ombi Lomri SEO Enthusiast
Follow:
Helo, nama saya Ombi, saya adalah seorang blogger dan SEO. saya sangat suka membaca topik seputar teknologi dan parenting. SEO at MAKUKU | Ex Katadata & Thejakartapost, buku parenting yang sudah dibaca: The Whole-Brain Child, Your One-Year-Old dan The Explosive Child.
Leave a comment