8 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak 2-5 Tahun

Perut kembung pada anak bikin rewel? Yuk, coba 8 cara mudah ini di rumah, mulai dari bantu bersendawa, beri air hangat, pijat perut, hingga atur posisi tidur.

Ombi Lomri
By Ombi Lomri - SEO Enthusiast

Perut kembung adalah hal yang wajar dialami anak-anak, Moms. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan mereka yang masih berkembang dan belum sempurna.

Namun, jika perut kembung terjadi secara berulang dan disertai gejala lain, seperti rewel, menangis, atau tidak mau makan, Moms perlu mewaspadainya. Perut kembung yang tidak teratasi dapat mengganggu kenyamanan anak dan menghambat aktivitas mereka.

- Advertisement -

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mengetahui cara mengatasi perut kembung pada anak dengan tepat. Berikut 8 cara mengatasi perut kembung pada anak yang bisa Moms coba di rumah:

1. Bantu Anak Bersendawa

Salah satu penyebab utama perut kembung pada anak adalah menelan terlalu banyak udara saat minum susu botol atau makan. Hal ini dapat menyebabkan gas menumpuk di perut dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Moms bisa membantu anak bersendawa setelah menyusu atau makan.

Berikut beberapa cara untuk membantu anak bersendawa:

  • Posisikan anak dengan tegak di bahu Moms. Tepuk punggungnya dengan lembut dan biarkan dia bersendawa.
  • Gendong anak dengan posisi tegak dan sandarkan dagunya di bahu Moms. Posisi ini dapat membantu mendorong gas keluar dari perut.
  • Dudukkan anak di pangkuan Moms dengan posisi membungkuk ke depan. Tepuk punggungnya dengan lembut dan biarkan dia bersendawa.

2. Berikan Minum Air Putih Hangat

Air putih hangat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gas di perut. Moms bisa memberikan air putih hangat kepada anak sesering mungkin, terutama setelah makan. Hindari memberikan minuman bersoda atau jus buah yang mengandung banyak gas.

Air putih hangat tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, tetapi juga membantu menghidrasi tubuh anak. Dehidrasi dapat memperburuk perut kembung, sehingga penting untuk memastikan anak minum cukup air putih.

3. Berikan Teh Hangat

Teh hangat, seperti teh chamomile atau teh jahe, dapat membantu meredakan perut kembung dan mual pada anak. Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan perut, sedangkan jahe membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gas.

Moms bisa memberikan teh hangat kepada anak 2-3 kali sehari. Pastikan teh tidak terlalu panas dan tambahkan sedikit madu agar lebih enak. Hindari memberikan gula atau pemanis buatan kepada anak.

- Advertisement -

4. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat dapat membantu meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman akibat perut kembung. Moms bisa menggunakan kompres air hangat di perut anak selama 10-15 menit. Pastikan kompres tidak terlalu panas dan gunakan kain yang lembut.

Kompres air hangat dapat membantu merilekskan otot-otot perut dan melancarkan aliran darah. Hal ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat perut kembung.

5. Pijat Perut Anak

Pijat perut dengan gerakan melingkar searah jarum jam dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gas di perut. Moms bisa memijat perut anak dengan lembut selama 5-10 menit. Gunakan minyak telon atau minyak zaitun agar lebih nyaman.

Pijat perut tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, tetapi juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan pada anak. Hal ini penting karena stres dan kecemasan dapat memperburuk perut kembung.

6. Berikan Buah Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan dan meredakan perut kembung. Pepaya juga kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Moms bisa memberikan pepaya matang yang dihaluskan kepada anak. Pastikan pepaya tidak terlalu asam agar tidak memperparah perut kembung. Pepaya juga dapat dicampur dengan yogurt atau oatmeal untuk menambah rasa dan nutrisi.

7. Ajak Beraktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan gas di perut. Moms bisa mengajak anak bermain, berjalan-jalan, atau berolahraga ringan. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat atau melelahkan.

Aktivitas fisik membantu meningkatkan pergerakan usus dan melancarkan pencernaan. Hal ini dapat membantu mencegah gas menumpuk di perut dan menyebabkan perut kembung.

8. Memposisikan Kepala Anak Lebih Tinggi saat Tidur

Memposisikan kepala anak lebih tinggi saat tidur dapat membantu mencegah gas menumpuk di perut. Moms bisa menggunakan bantal tambahan atau meninggikan bagian kepala kasur anak.

Memposisikan kepala anak lebih tinggi membantu gravitasi menarik gas ke bawah dan keluar dari perut. Hal ini dapat membantu mencegah perut kembung dan meningkatkan kualitas tidur anak.

Perut kembung pada anak umumnya tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan cara-cara sederhana di atas. Dengan mengetahui cara mengatasi perut kembung pada anak, Moms dapat membantu anak merasa lebih nyaman dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Share This Article
By Ombi Lomri SEO Enthusiast
Follow:
Helo, nama saya Ombi, saya adalah seorang blogger dan SEO. saya sangat suka membaca topik seputar teknologi dan parenting. SEO at MAKUKU | Ex Katadata & Thejakartapost, buku parenting yang sudah dibaca: The Whole-Brain Child, Your One-Year-Old dan The Explosive Child.